Rabu, 25 Juni 2014


 Pantai Sepanjang Gunungkidul, mungkin bagi wisatawan, pantai ini belum banyak dikenal karena kalah pamor dengan Pantai Baron, Pantai Kukup, dan Pantai Krakal, maupun Pantai Indrayanti yang baru-baru ini sedang trend.  Pantai Sepanjang di Tanjungsari, Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta.  Anda tinggal melaju dengan sepeda motor atau menginjak pedal gas mobil Anda. Tidak usah mengeluh dengan keadaan jalannya yang naik turunnya  ataupun tekstur jalan bebatuan menuju pantai ini karena keelokan alam nya yang akan anda nikmati jauh lebih dari pengorbanan Anda. Dari retribusi ke Pantai Sepanjang ini hanya ditempuh kurang lebih 10 menit saja.  Setelah melewati Pantai Kukup, anda harus jeli memperhatikan papan petunjuk arah disebelah persimpangan. Di persimpangan jalan anda langsung berbelok ke kanan mengikuti jalan hingga ujung dan tiba lah di Pantai ini. 


Hamparan pasir putih dilengkapi  ombak yang  saling bekejaran, Selain itu terdapat bukit karang yang menghiasi pantai tersebut. Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta sembari menggelar tikar dan menikmati hangatnya sinar matahari. Ajak juga teman atau rekan bisnis untuk makan siang, bermain voli pantai atau sekedar bersenda gurau di bibir pantai. Ketika surut anda bisa melihat batuan karang yang dihiasi tumput laut yang biasanya diambil oleh warga sekitar untuk diolah dan dijual. Jika anda ingin jalan-jalan menyusuri Pantai, banyak biota laut diantara batu karang ketika surut, contohnya saja bintang laut, bulu babi, siput laut dan ikan ikan kecil lainnya. Jika anda ingin menikmati pemandangan Pantai, terdapat gubug-gubug disepanjang bibir pantai, anda bisa bersantai-santai ditemani hembusan angin laut dan bisa memesan makanan atau minuman yang dijajakan warga sekitar sembari menunggu tenggelamnya matahari diujung laut.

 DiPantai Sepanjang ini, pemerintah melarang membangun dengan batu bata dan genting karena membuat bangunan rawan runtuh karena angin Pantai dan membahayakan bagi para wisatawan, untuk itu warga setempat membangun dengan kayu dan beratap rumbia untuk berjualan. Pantai ini juga cukup sejuk karena terdapat pohon cemara. Banyak juga terdapat tempat sampah, memudahkan para wisatawan membuang sampah pada tempatnya sehingga pantai ini cukup terjaga kebersihannya. Nama "Sepanjang" diberikan karena ciri khas pantai ini yang memiliki garis pantai terpanjang membentang dari barat ke timur, di antara semua pantai di Kabupaten Gunung Kidul.

Nah, sangat menarik bukan berwisata di tempat Sepanjang? Jadi, tunggu apa lagi?



0 komentar:

Posting Komentar