Selasa, 10 Juni 2014


Siapa sangka di balik bebatuan dan alam Gunungkidul nan gersang terdapat deretan Pantai yang eksotis, seperti Pantai Ngobaran. Pantai ini terletak di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Tak jauh dari Pantai Ngrenehan, jaraknya sekitar 2km saja,dekat sekali bukan?

Setelah anda sampai di Pantai Ngobaran ini. Anda akan dihamparkan suatu pemandangan yang sangat menakjubkan. Dari bukit terliat ombak yang bergulung mesra membelai karang-karang berselimut rumput laut Pantai ini menawarkan keindahan dalam pluralisme lingkungannya. Jika pantai sedang surut anda dapat melihat hamparan rumput laut menutupi batu-batu karang laksana sawah diladang, hijau menyejukkan mata. Hewan laut pun sebagai pelengkapnya diantara sela-sela karang.

 Tetapi ada yang unik di Pantai ini. Berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Adanya tempat ibadah untuk 4 agama yang berdiri saling berdekatan. Bangunan yang paling terlihat dengan jelas adalah adanya pure dan patung-patung dewa berwarna putih seperti di Bali. Lalu jika anda berjalan ke arah kiri dari tempat tersebut anda akan menemui sebuah joglo yang digunakan untuk tempag beribadah pengikut kejawen. Kemudian terdapat juga masjid berukuran 3x4 meter. Masjid ini bangunannya sederhana karena berlantai pasir, yang lebih unik lagi yaitu masjid ini menghadap ke Selatan. Bagian depan tempat imam terbuka sehingga dapat melihat laut lepas. Benar-benar Pantai yang kaya akan budaya. Dari patung tersebut anda dapat menuruni tebing dengan tangga buatan untuk menuju pantai, tetapi tetap hati-hati ya karena tangganya curam.
Banyak penduduk sekitar mencari rizqi dari Pantai ini mencari rumput laut, dan yang paling terkenal dari penduduk ini adalah mereka mencari landak laut untuk di konsumsi. Daging landak laut ini diberi bumbu garam dan cabe kemudian digoreng, menurut penduduk setempat daging landak ini cukup enak, lezat dan kenyal. Tetapi sayang sekali belum ada yang menjual hidangan menggoda satu ini. Seharusnya warga bisa memanfaatkan ini sebagai bisnis karena masih jarang dijumpai makanan serupa ini. Padahal jika dijual pasti akan laris manis karena para pengunjung akan penasaran dengan rasa landak laut ini.

Bagaimana? Ingin ke Pantai dan berwisata budaya? Mampir di Pantai Ngobaran....


0 komentar:

Posting Komentar