Jumat, 20 Juni 2014


 Pantai Siung adalah salah satu dari deretan pantai yang masih alami di pesisir selatan Gunungkidul, Pantai ini terletak di Desa Purwodadi , Kecamatan Tepus ,Kabupaten Gunungkidul, Daerah istimewa Yogyakarta. Akses ke pantai ini cukup jauh yaitu sekitar 75km dari pusat kota Yogyakarta, sehingga terbilang cukup sepi dari pada pantai-pantai lain karena jaraknya yang lumayan jauh. Selain jauh, akses jalan menuju Pantai ini cukup menantang sekali. Melewati jalan berkelok-kelok, jalan sempit, tikungan tajam, naik, turun. Tetapi jalan sudah beraspal jadi memudahkan perjalanan anda. Sepanjang perjalanan , anda juga akan disuguhkan pemandangan perbukitan kapur, ladang-ladang penduduk. Dan lalu lalang penduduk berjalan kaki membawa hasil panennya.

Capek mungkin kata itu yang anda ucapkan setelah perjalanan. Tetapi keletihan anda akan terbayarkan begitu telah sampai di Pantai ini. Hamparan pasir putih yang disapu deburan ombak membentang disepanjang pantai. Pengunjung akan terbujuk dengan keindahan air laut yang begitu jernih dan anda akan segera membenamkan diri anda ke air yang sangat segar ini. Lalu perhatian anda tentunya akan tertuju pada batu karang yang berukuran raksasa di sebelah barat dan timur pantai. tebing-tebing karang yang berada di sebelah barat pantai ini digunakan sebagai arena panjat tebing. Kini, sebanyak 250 jalur pemanjatan terdapat di Pantai Siung. Bagi anda pecinta panjat tebing silakan mencobanya. Kekayaan variasi tebing karang ini yang menajdikan Pantai Siung dijadikan kompetisi panjat tebing baik tingkat nasional atau internasional. Terdapat fasilitas lain untu para pemanjat tebing yaitu ground camp yang berada di sisi timur pantai. Tenda-tenda ini bisa didirikan dan dilengkapi dengan api unggun untuk menghangatkan badan anda dari angin Pantai yang dingin menusuk tulang. Asik bukan??

Tetapi anda harus tetap menjaga kebersihan Pantai ya dan jangan merusak lingkungan sekitar juga habitat penyu yang terdapat di pantai Siung ini. Ground camp ini juga bisa digunakan bagi anda yang ingin hanya sekedar bermalam dengan suasana yang berbeda. Ada pilihan lain selain tenda yaitu rumah-rumah kayu dengan ukuran yang cukup besar, bisa digunakan utuk rombongan 10-15 orang. Anda bisa menyewa rumah kayu ini dengan penduduk sekitar.

Mengenai asal usul nama Pantai Siung menurut warga sekitar , batu karang yang terdapat di Pantai ini menyerupai gigi kera atau siung Wanara. Batu karang itu masih berdiri kokoh walaupun setiap saat ombak menerpanya. Saat malam tiba dan suasa sepi pengunjung, dapat anda jumpai kera berekor panjang turun dari puncak tebing menuju pantai, tetapi seiring berjalannya waktu , kera ini semakin langka. Mungkin karena keberadaan kera ini sehingga di kaitkan dengan penamaan Pantai Siung ini.

0 komentar:

Posting Komentar