Minggu, 01 Juni 2014


Travelling di Jogja, wisata ke Pantai, sepertinya tidak akan ada habisnya. Mungkin saking banyaknya wisata Pantai. Di kulon Progo terdapat Pantai Glagah, Congot dll. Di Bantul terdapat Pantai Parangtritis, Depok, dan lain-lain , Di Gunungkidul? Wow sungguh fantastis jumlah Pantai di daerah ini. Tidak akan ada habisnya jika kita menyusuri deretan Pantai di Gunungkidul. Mungkin anda termasuk orang yang belum mengunjungi salah satu Pantai di Gungkidul yang bernama Pantai Pok Tunggal.

Pantai Pok Tunggal ini terletak di antara Pantai Indrayanti dan Pantai Siung. Karena Pantai ini termasuk dalam katagori Pantai baru, jangan harap akses jalan dari jalan besar menuju Pantai ini mudah. Jalan menuju Pantai ini cukup sulit, jalan sempit kira-kira 2 km , berkelok-kelok bak sungai kering kerontang yang terdapat banyak batu-batu terjal. Sesekali anda akan senam jantung jika melewati tikungan dengan karang yang menjorok tepat diatas kepala anda. Setelah melewati perjalanan yang cukup menegangkan, anda akan disuguhkan pemandangan yang seketika dapat mengobati lelah anda di dalam perjalanan

Kondisi Jalan Menuju  Pantai Pok Tunggal
Pasir yang terhampar luas, ombak bergulung-gulung dengan indahnya, angin Pantai yang berhembus membelai tubuh anda dengan lembutnya, langit membiru yang menambah cantik suasana Pantai Pok Tunggal. Sungguh ciptaan Tuhan yang sangat mengagumkan. Di Pantai ini terdapat Sebatang pohon Duras tumbuh rindang di bibir pantai yang merupakan  ikon Pantai ini. Pohon yang konon sulit tumbuh ini sangat dijaga keberadaannya oleh penduduk setempat, jadi jangan kaget ya apabila ada teguran jika anda memanjat pohon tersebut.

Pantai Pok Tunggal memiliki banyak potensi, pantai yang landai dengan pasir putih dapat digunakan untuk kegiatan olah raga pantai, volley Pantai. Tebing-tebing yang tegak lurus seperti dinding karang setinggi 50-an meter ini sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai arena olahraga panjat tebing. 

Suasana Sunset di Pantai Pok Tunggal
 Anda masih betah disini dan akan bermalam? Tenang saja karena disini juga terdapat  penginapan, tetapi jika anda ingin menikmati suasana Pantai dengan tenda, akan juga dapat menyewa tenda dome pada penduduk setempat dengan harga yang masih terjangkau sekitar Rp 60.000. Tetapi jika anda memutuskan untuk pulang, hati-hati ya karena sekali lagi perjalanan akan menantang nyali anda ditambah belum ada lampu penerangan jalan.

Meskipun rute menuju Pantai Pok Tunggal sedikit menantang karena jalan yang dilalui masih belum di aspal, namun pantai tersebut sudah mempunyai fasilitas parkir, toilet, warung makan dan mushola yang dikelola masyarakat setempat.

0 komentar:

Posting Komentar