Senin, 16 Juni 2014

 Satu Pantai lagi yang akan membuat anda berdecak kagum jika melihatnya. Pantai yang satu ini memang lain daripada yang lain. Nama nya adalah Pantai Jogan masih seputar di daerah Gunungkidul , tepatnya di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Kabupaten Gungungkidul. Jika dari Yogyakarta kurang lebih menempuh sekitar 2 jam perjalanan melewati jalan aspal, berkelok-kelok membelah bukit-bukit.  Jika anda sudah berada di Pos Retribusi Pantai Siung, itu tandanya sebentar lagi anda akan sampai ke Pantai Jogan. Sekitar 400 meter dari pos tersebut, akan anda temui papan petunjuk yang terbuat dari kayu bertuliskan Pantai Jogan. Jalan menuju Pantai ini masih terbilang cukup sulit. Tidak disarankan dengan kendaraan beroda empat. Sebenarnya bisa masuk tetapi jalannya sangat sempat kalau tidak hati-hati dan dipaksa bisa terperosok. Jadi disarankan bagi anda jika membawa kendaraan beroda empat sebaiknya memarkir kendaraannya sebelum jalan berbatu. Pantai ini sejalur dengan pantai Siung, tepatnya di sebelah barat Pantai Siung, hanya saja Pantai ini masih minim petunjuk arah. Jadi belum begitu banyak orang yang megetahuinya.

Apa sih keunikan Pantai ini? Sudah penasaran ya? Pantai Jogan ini merupakan perpaduan antara Pantai dan air terjun, sebuah Pantai yang memiliki tebing karang yang menjulang dengan tingginya dengan bagian tengahnya itu terdapat air terjun yang langsung mengalir dan jautuh ke laut. Airnya yaitu berupa air tawar yang ketika jatuh akan bertemu dengan air laut. Wow, sungguh menarik bukan? Pantai ini diberi nama Pantai Jogan yang kata penduduk sekitar dulunya terkenal dengan nama “grojogan manten “ yang seiring berjalannya waktu disingkat menjadi Pantai Jogan. Tetapi keelokan panorama ini hanya dapat anda temui saat musim hujan tiba, jika tidak maka frekuensi airnya sangat kecil belum lagi warga setempat menyedot air ini untuk kebutuhan hidup mereka. 


Anda ingin menikmati guyuran air terjun ? harus kerja keras dulu karena anda harus turun kebawah terlebih dahulu. Belum tersedia jalan menuju kebawah, jadi kita harus memanjat tebing karang. Menapaki turunan licin nan basah, hati-hati ya karena jalurnya curam. Sesudah sampai dibawah kita akan disuguhi pemandangan Pantai Jogan yang sangat indah dan menawan serta keasrian Pantai yang terbilang cukup bersih dan nyaman. Sejauh mata memandang, hamparan pasir nan putih, ombak bergulung dengan indahnya, di balik itu terdengar suara gemerecik air terjun yang jatuh di laut. Sungguh keindahan Sang Ilahi yang memukau.

Selamat berwisata alam...

0 komentar:

Posting Komentar