Senin, 02 Juni 2014


Lokasi Pantai Sadranan terletak di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya di sebelah Timur Pantai Krakal atau sebelah Barat Pantai Ngandong dan Pantai Sundak. Kalau orang bilang Pantai ini berasa milik sendiri karena sepi, belum ada banyak pengunjung. Pantai ini tidak terlihat karena untuk menuju Pantai ini hanya ada seperti jalan kecil yang bus tidak bisa masuk. Jalan bebatuan yang tidak jauh kemudian akan dijumpai tempat parkir.

Tetapi semenjak di kelola, Pantai ini sekarang jadi ramai pengunjung, sudah banyak pengunjung yang mengetahui letak Pantai ini dan belum lama dibangun warung-warung makan disekitar bibir Pantai, sangat disayangkan sekali karena dahulunya sebelum terdapat warung-warung ini banyak ditumbuhi pohon khas Pantai yang begitu banyak menambah indahnya suasana Pantai Sadranan. Tapi kini rumput dan pepohonan ini sudah  berkurang.
Jalan Menuju Pantai Sadranan

Keindahan panorama perpaduan antara langit biru, awan, dan hamparan pantai pasir putih bersih, menjadikan Pantai ini terlihat sangat menawan dan mempesona. Lokasi Pantai Sadranan  biasa digunakan sebagai tempat pemotretan, khususnya Pre Wedding. Terdapat juga karang-karang,  jika air sedang surut anda bisa berjalan di antara karang-karang dan anda akan menemui banyak biota laut. Tetapi hati-hati ya karena karangnya cukup tajam bisa melukai kaki anda. Jika diperhatian sekilas, Pantai Sadranan ini mirip dengan Pantai Drini dan Pantai Kukup karena terdapat karang besar seperti pulau.

Di Pantai ini juga menyewakan payung-payung di pinggir Pantai karena Pantai ini tidak terdapat gazebo seperti di Pantai Indrayanti, jadi jika terik matahari tak tertahankan lagi anda bisa menyewa payung tersebut atau berteduh dibawah karang yang menjulang tinggi. Pantai Sadaranan ini asyik sekali jika hanya untuk bermain air dengan santai tapi tidak cocok untuk berenang karena banyak karangnya.
Gapura di Pantai Sadranan

Di dekat Pantai ini terdapat penginapan yang jaraknya sangat dekat dengan Pantai. Kalau ingin menikmati suasana Pantai dari atas terdapat juga kamar penginapan diatas tetapi hanya terbatas beberapa kamar saja, viewnya langsung menghadap ke Pantai. Jika tidak hari libur atau ada moment tertentu, penginapan ini cukup murah tetapi diluar itu harga diatasnya harga normal tapi masih terjangkau.

Untuk fasilitas, Pantai Sadarnan ini sudah cukup lengkap semanjak dikelola oleh penduduk sekitar, terdapat parkir, kamar mandi, penginapan dan warung makan khas menu ikan dan terdapat aula yang cukup besar bisa di sewa apabila ada acara rombongan.

Selamat berlibur di Pantai Sadranan Gunungkidul..

0 komentar:

Posting Komentar