Rabu, 04 Desember 2013

Pantai Kukup, D.I.Yogyakarta

Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 1 km di sebelah Timur Pantai Baron. Pantai yang satu ini kaya sekali akan biota laut sehingga dikenal dengan sebutan akuarium alam karena jerihnya air dan terdapat banyak sekali ikan-ikan hias. Di Pantai Kukup ini terdapat jalan setapak yang membelah bukit sampai Pantai Baron. Di bagian timur terdapat sebuah pulau karang yang dihubungkan dengan jembatan dari atas. Dari atas pulau karang ini anda dapat melihat hamparan pantai yang cukup luas dan sangat indah serta menikamati deburan ombak dan angin yang berhembus sepoi-sepoi membelai tubuh anda. Sensasi tersebut akan semakin bertambah jika anda menikmatinya bersama sanak saudara. Jika Pantai sedang surut anda bisa melihat banyak terumbu karang yang ditumbuhi sejenis rumput laut serta beberapa hewan laut seperti bintang laut, kerang laut, bulu babi dan lainnya. saat air surut anda juga bisa lihat para warga sekitar mulai mencari rumput-rumput laut yang nantinya akan dijual atau dijadikan makanan khas Pantai Kukup.



Jika anda menyukai tantangan, anda bisa menangkap sendiri ikan-ikan di pinggir Pantai dengan membeli jaring kecil yang dijajakan pedagang dipinggir Pantai, walaupun banyak sekali ikannya tapi ga semudah yang dibayangkan yaa.. anda harus ekstra sabar untuk bisa mendapatkan ikan-ikan hias warna warni nan lucu itu, atau jika anda tidak mau repot, anda bisa membelinya langsung dari pedagang yang menjajakan aneka makhluk laut seperti bintang laut, ikan hias, belut laut untuk menambah koleksi ikan dirumah anda. Jika mata hari telah terik serasa membakar kulit, anda bisa berteduh di gua-gua karang yang terdapat di Pantai ini sambil menangkap ikan kecil-kecil yang terdapat di bawah sela-sela karang.



Menuju bibir Pantai kita akan melewati jejeran penjaja oleh-oleh cinderamata dari mulai pakaian sampai kerajinan tangan dari cangkang kerang, ada juga penjaja makanan khas Pantai Kukup, rumput laut tepung dan udang tepung goreng. Fasilitas yang terdapat di Pantai Kukup ini cukup lengkap, salah satunya pendopo untuk pertemuan. Disini juga terdapat penginapan-penginapan jika kita ingin bermalam di Pantai. Wisatawan dijamin akan puas dengan disuguhi pemandangan pantai, hamparan  air laut  yang membiru dipadukan dengan langit yang berawan cerah, membuat anda merasakan kesegaran mata dan jiwa. Hati tenang, stres pun akan hilang.

0 komentar:

Posting Komentar