Rabu, 13 Mei 2015


Peraturan Lion Air

Penerbangan internasional
Check in biasanya mulai 2,5 (dua setengah) jam sebelum waktu keberangkatan. Counter check in tutup 45 (empat puluh lima) menit sebelum waktu keberangkatan.

Penerbangan domestik Indonesia
Check in biasanya dimulai 2 (dua) jam sebelum waktu keberangkatan, Counter check in akan tutup 45 (empat puluh lima) menit sebelum waktu keberangkatan.

Waktu keberangkatan serupa untuk kedua penumpang kelas ekonomi maupun bisnis. Boarding Gerbang akan ditutup lima belas menit sebelum waktu keberangkatan. Apabila anda terlambat di boarding gerbang, Anda tidak boleh naik di penerbangan dan dianggap sebagai penumpang yang tidak hadir. Apabila ada kendala sehingga penumpang tidak bisa melakukan perjalanannya dan telah dikonfirmasi dalam pemesanan Lion Air, maka sebaiknya anda menghubungi penjualan tiket dan reservasi lion air segera mungkin untuk menghindari penalti.

Peraturan Maskapai Penerbangan Lion Air saat ini semakin mencekik penumpang, terlambat saja 30 -45 menit check-in tidak dibolehkan lagi masuk alias tiket hangus. Lebih parah lagi jika anda sudah mengantri di counter chek-in dan sblm anda sempat chek-in waktu sudah habis, maka anda tetap tidak akan diperbolehkan chek-in. Aturan maskapai ini sudah dialami banyak penumpang dari, ke berbagai tujuan yang ada ditanah air. Apapun alasan yang anda berikan, tetap tidak akan diperbolehkan chek-in jika terlambat dan otomatis tiket anda hangus dan harus membeli lagi tiket baru dengan harga yang lebih tinggi .

Untuk mengantisipasi keterlambatan chek-in sebaiknya anda sudah berada di bandara 2 jam sebelum jadwal berangkat. Atau alternatife yang lain adalah meminta tolong travel agent dimana anda membeli tiket untuk mencek-inkan , lebih mudah lagi anda bisa chek-in online sendiri melalui http://www.lionair.co.id/ 1 hari sebelum tanggal keberangkatan. Web Check In tidak bisa dilakukan oleh penumpang yang mempunyai permintaan khusus dalam perjalanannya, seperti :

* Penumpang yang membawa bayi dan anak anak
* Orang lanjut usia, orang sakit ataupun orang yang membutuhkan kursi roda.
* Penumpang yang memiliki kondisi medis yang harus diketahui oleh pihak Lion Air, misalnya kurang pendengaran, rabun atau lainnya yang membutuhkan penjaga/pendamping selama perjalanan.
* Penumpang yang membawa anjing (guide dogs)
* Penumpang yang membawa senjata api.
* Penumpang yang membawa tahanan/narapidana

 Apabila anda terlambat chek-in hal pertama yang harus anda lakukan adalah merefund tiket secepat mungkin agar uang anda dapet kembali tetapi jangan harap kembali semuanya, Cuma beberapa persen saja, daripada hangus semua lebih baik kembali walaupun hanya beberapa saja. Langsung anda urus di counter tiket bandara atau meminta tolong agent dimana anda membeli tiket pesawat.
Bagi yang masih bingung bagaimana tata cara chek-in online sendiri, untuk lebih lanjut tentang anda dapat membuka http://alkatrans.blogspot.com/2014/12/tips-cek-in-online-pesawat-lion-air.html , anda juga dapat memilih tempat duduk sesuai keinginan anda.

So, jangan sampai terlambat chek-in yaaa…
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

37 komentar:

  1. Kalau jalan lancar dari rumah saya butuh 45 menit ke bandara. Kalau macet, yaaa ... Saya mengurus untuk berangkatan 2 jam sebelumnya sudah sampai. Terus Lion terlambat 3:30. Lima setengah jam saya tunggu di bandara. Kenapa kalau Lion tahu ada keterlambatan, tidak informasikan penumpangnya lewat email? Betuh tekan tombol satu. Harganya 1000 rupiah.

    BalasHapus
  2. saya telat 5 menit cek in tiket hangus. karna terjebak macet parah dan sama sekali gak ada kebijakan apa apa dari maskapai. padahal jadwal boarding masih 30 menit lagi. lion payah bgt. di maskapai lain kalo blm cek in di waktu terakhir saya ditelpon dan ditanyakan perihal posisi sdg ada dmna supaya ada solusi. Lion sangat tidak memuaskan.

    BalasHapus
  3. Menurut saya, web cek in lion air sekarang udah okelah, jadi lebih dimanfaatkan saja. Karena kita tidak tau kondisi di jalan kan.

    BalasHapus
  4. aku pake garuda krg 15 mnt bisa chek in..bahkan diantar oleh petugas garuda agar bisa lbh cepat selesai..sementara lion air, msh krg 30mnt sudah closed dan tidak ada kebijakan apapunnn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Pagi ini saya telat check in 10 menit, malah diarahkan untuk membeli tiket oleh petugas Garuda dengan harga yg lebih mahal dari tiket untuk penerbangan selanjutnya yg terdekat.

      Hapus
    3. Ya wajar lahh jelas loh padahal close check in 30 menit mas..

      Ya pasti lah kecuali di suruh bli tiketnya buat minggu dpan..ya klo di hari H ya pasti mahal

      Hapus
    4. saya digantiin tiket baru sama garuda. ngga bayar lagi waktu itu telat 15 menitan lebih

      Hapus
  5. Bagi sy 7 keturunan sy cukup sampai disini menggunakan lion.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. seumur hidup tkkn ku mau duduk psawat lion air lagi.

    BalasHapus
  8. aseeek kalau udah tau cara web check in lion air jadi makin enak tuh. jadi gak takut telat nuat check in lagi heheheh

    BalasHapus
  9. Kebijakan lion sangat mengecewakan

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Saya terlambat check in malah dimarah2in ma petugas.. Disuruh beli tiket baru... Keluarlah saya dari bandara dan nangis... Sadisnya Lion Air.. Tobat... Tobat...

    BalasHapus
  12. Parah banget nih lion,ane terlambat check in 5 menit tiket buat 5 orang hangus ga ada kebijakan apa2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masyaallah... Sya baru ngalamin hari ini...

      Hapus
  13. wkwkw jangan nyamain lion sama garuda atau maskapai yg lain lah udah pasti sangat beda dari segi pelayanannya ...

    BalasHapus
  14. Gan, saya sudsh check in online, pesawat delay sampai jam set 1 lewat, ketika panggilan pertama saya langsung menghubungi konter, kalau pesawat belum berangkat, tapi tetap tidak dikasih print bording pass nya. Padahal saya sudah check in. Kemudian nama saya dipanggil 10 menit kemudian, tetap saja masih lama mengurusnya. Dan akhirnya dikasih setelah beberapa saat,mau dikata apa lagi pesawat ya udah berangkat lah . Itu gimana? Saya mohom penjelasannnya. Harusnya saya masih bisa masuk kalau diizinkan dari awal. Saya tidak bawa apa" dibagasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada intiintinya LION AIR memang tidak memberikan pelayanan baik,,kalau saya sih udh taubat naik LION AIR

      Hapus
  15. saya antri 1 jam lamanya dikira telat checkin, harus beli tiket baru diskon 10%, lain kali gak usah antri, langsung check in saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua juga bisa alibi antri bos.. klo telat.. petugas mah ngk mwmpersulit penumpang buat cekin klo belum waktu closed..

      Hapus
  16. Mohon kebijakan dr lion air, kita jg gak tau keaadan jalan, kita brgkat lbih awl msih jga kna mcet dan tlat chekin 30 mnit, knpa sma skli gak ada toleransi dr pihak lion , sedangkan kalau kita nunggu krna ada keterlambatan penerbngan kita jg msih bsa ksih toleransi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cba bos di baca E tiket nya yg paling bawah sendiri.. jelas jelas tiba di bandara 2 jam sebelum keberangkatan.. ngk mungkin telat.... saran saya sih hargai waktu... buat pelajaran aja untuk next nyq

      Hapus
  17. Kapok deh pakai lion air, .... Cukup yg trakhir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo saya lebih baik naik garuda.. harga mahal dari pada lion

      Hapus
  18. Kemaren pakek batik, masih 30 menit penarbangan dan pesawat belum berangkat tapi ttep aja gak boleh check in sedangkan jika mereka yg delay aja seenaknya sendiri. NGGAK ADIL !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cba di baca E-TIKET nya yg paling bawah .. itu jelas banget lohh.. jangan cma baca .. no penerbangan sma schadulnya doak..

      Hapus
  19. Sama. Aku baru alamin tadi malam waktu mau balik ke SBY dari Bali. Jalanan macet, aku uda ngebut. Lari" masuk ke bandara. Terlambat chek in 30 menit aja ga boleh masuk cek in. Tiket 1 Jt lebih udah hangus. Aku ma suami gerammm banget!!! AKU SUDAH TOBAT GA KAN MAU NAIK LION AIR. I SWEAR!! BANGKRUT AJA KAULION!! Jancuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan salahin maskapainya donkk.. salahin diri sendri knpa bisa telat....datang 2 jam sebelum kebrangkatan close check in 45-30 menit close ya wajar telat .. klo bisa prepare waktu mah menurut saya ngk bakal telat..

      Hapus
  20. Aku juga ngalamin telat 10 menit check in kemarin karena macet di jalan, dan gak ada solusi dan pertimbangan sama sekali. Dan aku baru tau kalo Lion air kayak gtu, soalnya maskapai lain biasanya ada pertimbangan gitu����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya terima aja klo udah salah mbak.. jelas jelas close 30 menit ...saran saya buat pelajaran .. aja..

      Hapus
  21. Parah lah, lama antri waktu cekin, masih ada sekitar 45m waktu sebelum keberangkatan, tapi sudah tidak boleh cekin. Tutup ajalah kau lionair! Lama di antri cekin bukan macet dijalan woi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dateng 2 jam sebelum kebrangkatan menurut saya ngk bakal telat.. petugas cekin pasti ngk akan menolak klo blm waktu close check in.. apa lagi sekarang ada check in online.. ya buat pelajaran aja..

      Hapus
  22. beruntung sy blm pernah naik pesawat,jd ga ngalamin spt yg saudara2 alamin

    BalasHapus
  23. Duh kadang kadanng cma geleng geleng aja.. baca coment an..

    Klo saya yang sering pergi dengan maskapai apapun intinya bisa menghargai waktu

    Klo delay itu dah hal yang wajar....
    Ikuti aja Peraturan maskapai .. namanya juga kita nebeng. Hahaahaa ya pelayanan lion sma garuda pasti beda. Tau sendri lah lion lebih murah .. klo ngk mau delay ya naik garuda. Klo ngk sewa pesawat charter.. klo banyak uang.. klo dompet pas pasan ya trima aja delay

    BalasHapus
  24. Jangankan 45 menit telat check in, 55 menit sebelum take off jg dibilang close. Krn udh diisi penumpang gelap yg lain.

    BalasHapus