Minggu, 01 Desember 2013

WISATA BUDAYA, CANDI BOROBUDUR


Borobudur ? Pasti pernah mendengar tempat wisata yang satu ini. Candi Borobudur termasuk ke dalam World Wonder Heritages. Candi Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah, sekitar 40 km dari Yogyakarta. Saat ini, Borobudur telah menjadi Obyek Wisata yang menarik banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Selain itu, Candi Borobudur telah menjadi tempat suci bagi penganut Budha di Indonesia dan menjadi pusat perayaan tahunan paling penting penganut Budha yaitu Waisak.

Candi Borobudur ini  memiliki 10 tingkat yang terdiri dari 6 tingkat berbentuk bujur sangkar, 3 tingkat berbentuk bundar melingkar dan sebuah stupa utama sebagai puncaknya. Di setiap tingkat terdapat beberapa stupa. Seluruhnya terdapat 72 stupa selain stupa utama. Di setiap stupa terdapat patung Budha. Di keempat sisi candi terdapat pintu gerbang dan tangga ke tingkat di atasnya seperti sebuah piramida. Setiap tahapan pencerahan pada proses kehidupan ini berdasarkan filosofi Budha digambarkan pada relief dan patung pada seluruh Candi Borobudur.


Bangunan raksasa ini hanya berupa tumpukan balok batu raksasa yang memiliki ketinggian total 42 meter. Setiap batu disambung tanpa menggunakan semen atau perekat. Batu-batu ini hanya disambung berdasarkan pola dan ditumpuk. Bagian dasar Candi Borobudur berukuran sekitar 118 m pada setiap sisi. Batu-batu yang digunakan kira-kira sebanyak 55.000 meter kubik. Semua batu tersebut diambil dari sungai di sekitar Candi Borobudur. Batu-batu ini dipotong lalu diangkut dan disambung dengan pola seperti permainan lego. Semuanya tanpa menggunakan perekat atau semen. Sedangkan relief mulai dibuat setelah batu-batuan tersebut selesai ditumpuk dan disambung. Relief terdapat pada dinding candi.


Tiket masuk ke candi ini sekitar RP 30.000/orang dan anda dilarang membawa makanan dan minuman ke dalam area ini, jika anda membawa maka ada tempat penitipan khusus dan akan diambil seketika pulang.  Setiap pengunjung seusai membeli tiket tanda masuk akan diberikan sehelai kain sarung batik yang digunakan diikatkan di pinggang dan dipinjami secara gratis, Setelah turun dari kawasan Candi Borobudur dan Prambanan, maka kain tersebut diserahkan kembali kepada petugas yang berjaga di pintu keluar. Kebijakan tersebut sebagai upaya untuk memberikan penghargaan bagi situs Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah sebagai `World Cultural Heritage`.

Menaiki tangga demi tangga akan memberikan sensai tersendiri bagi anda. Setalah anda puas menaiki tangga dan menikmati pemandangan relief-relief Borobudur yang  memiliki 2670 relief yang berbeda. Relief ini dibaca searah putaran jarum jam. Relief ini menggambarkan suatu cerita yang cara membacanya dimulai dan diakhiri pada pintu gerbang di sebelah timur. Jika anda akan membeli oleh-oleh maka disepanjang jalan keluar akan dijajakan souvenir-souvenir khas Candi Borobudur berupa baju, assessoris candi, dll. Jika anda ingin menginap, di sekitar Candi Borobudur ini juga banyak menyediakan Hotel.
Selain berwisata, tempat ini juga sebagai tempat untuk menambah wawasan tentang budaya. Berwisata sambil belajar sejarah, sungguh menarik bukan? Yuk, tunggu apalagi…….

0 komentar:

Posting Komentar