Jumat, 22 Agustus 2014



Pantai Gesing ini lebih dekat dari kota yogyakarta daripada Pantai Baron, Krakal, Kukup, Drini dll. Lokasi Pantai Gesing terletak di Padukuhan (Dusun) Panjolomulyo, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Gesing berjarak sekitar kurang lebih 80 km dari kota jogja. Jika dari Kota Yogya maka kita bisa tempuh melalui tiga jalur, yaitu melalui jalur Pathuk atau jalur Imogiri maupun jalur Parangtritis. Pantai ini adalah pantai terbarat di Gunung Kidul. Pantai Gesing Gunung Kidul masih bersih dari sampah, karena pantai ini masih belum terjamaah banyak wisatawan dan belum juga di ketahui banyak orang.  Bentuk pantai ini mirip dengan pantai Ngrenehan hanya saja lebih luas. Disana juga banyak kapal nelayan pencari ikan yang berjejer di pinggir pantai. Pengunjung tidak perlu membayar sepeserpun untuk masuk ke pantai ini karena memang pantai ini belum dikomersilkan. 

Pantai Gesing Jika Dilihat Dari Jarak Jauh
Sesampai disana , di dekat pintu masuk akan dijumpai beberapa perumahan nelayan sebagai tempat tinggal para nelayan yang melaut lalu anda  akan mendapatkan sebuah pemandangan yang indah dengan hamparan samudera indonesia yang sangat luas. Pasir pantai yang berwarna agak kecoklatan berpadu dengan warna hijaunya tanaman rumput yang tumbuh di pesisir pantai. Deburan ombak khas pantai selatan yang besar  berkali kali menghantam tebing laut, namun tak menyurutkan nelayan ditempat ini untuk mencari nafkah dari penangkapan ikan.  Di sebelah kawasan objek wisata pantai Gesing berderet kios-kios penjualan ikan. Pemandangan disini cukup menarik. Anda dapat bermain-main air, atau memancing ikan. Dengan melalui jalan setapak anda dapat menjangkau beberapa tebing laut untuk memilih spot untuk memancing. Satu hal yang cukup unik dari pantai Gesing adalah adanya daerah dengan air yang dangkal dan batu-batu karang. Disana, anda dapat mencari ikan hias laut .

Kapal Nelayan Berjejer di Bibir Pantai
Keberadaan pantai ini lebih banyak sebagai kegiatan nelayan dengan tempat pelelangan ikannya. Hal ini disebabkan karena belum adanya promosi akan pantai ini, sehingga hanya para tengkulak ikan yang banyak berkunjung ke tempat ini untuk membeli ikan tangkapan nelayan. Di area pantai ini juga tersedia beberapa warung yang menyajikan beberapa masakan khas pedesaan dan masakan hasil laut namun tidak selengkap yang ada di Pantai Baron. 

Keberadaan pantai ini tak mustahil akan menjadi pantai terkenal seperti pantai indrayanti yang menjadi idola para pengunjung. Asalakan dikembangkan lebih baik lagi, akses jalan diperbaiki, petunjuk arah, ditambah lagi kamar mandinya dan dikelola lagi warung-warung makannya. Semua akan terwujud jika ada kerjasama semua pihak.

2 komentar:

  1. Wah, pantai gesing indah sekali, tidak kalah bagusnya dengan pantai2 yang lainnya. Selamat da buat Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta...

    Ide Bisnis

    BalasHapus