Selasa, 19 Agustus 2014



Pantai Nglambor terletak di antara Pantai Jogan dan Pantai Siung. Tepatnya  di desa Purwodadi, Kecamatan Tepus . Pantai ini masih terdengar asing.  Akses jalan menuju sana masih berbatu. Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Nglambor pengunjung akan menempuh jarak sekitar 70 km dari kota Yogyakarta,  arahnya  dari pertigaan ke Pantai Jogan ikuti saja arah ke Pantai Siung, setelah beberapa ratus meter ada pertigaan belok kanan. Nah, nanti belok kanan dan tinggal lurus. Tapi jalannya sangat susah, tak terasa jalan terjal dilalui karena di kanan kiri kita jalan terbentang  bukit-bukit hijau dan bebatuan kapur yang sangat unik sekali. Banyak pepohonan khas gunung kidul.


Jalan Menuju Pantai Nglambor
Pantai Nglambor terletak di bawah bukit. Meski masih sepi oleh para wisatawan tetapi Pantai Nglambor menyajikan panorama yang memikat, hamparan pasir putih yang tidak terlalu luas sekitar 40 sampai 50 meter, pasirnya putih, pasir ini berasal dari pecahan kerang, sehingga tidak begitu halus. Jika di bandingkan dengan pantai Gunung Kidul lainnya, air laut  di pantai Nglambor ini sangat jernih.  Ditambah ombak di pantai ini juga tidak terlalu besar,sangat asyik untuk bermain air, dibawahnya terdapat banyak terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang warna-warni dan begitu beragam jenis ikannya, ini sangat memanjakan anda yang menyukai snorkling , sangat keren sekali bagai di Lombok. Terdapat karang-karang yang berserakan di salah satu sisi pantainya.Di belakang pantai terdapat sebuah tebing atau bukit yang berdiri gagah menjulang tinggi, dari atas tebing ini para wisatawan juga menikmati eloknya pemandangan Pantai Nglambor dan Samudera Hindia yang membentang luas. Ketika surut,banyak yang memanfaatkan batu karang tersebut sebagai tempat memancing atau mencari ikan. Pemandangan yang sayang sekali dilewatkan di pantai ini adalah indahnya matahari tenggelam.
Rumah Kakek yang Berada di Tengah Bukit
 Di pantai ini hanya terdapat 1 rumah saja, rumah kakek beserta istrinya yang mempunyai beberapa anjing dan hewan ternak sapi, kakek ini sangat ramah, beberapa pengunjung bercengkrama asik dengannya. Beliau sangat menikamti tinggal di area pantai ini tanpa ada tetangga lain. Suasana disini sangat tenang dan sepi, yang terdengar hanyalah deburan ombak yang melantunkan kelembutan, cocok bagi anda yang ingin menghilangkan penat.

0 komentar:

Posting Komentar