Rabu, 08 Oktober 2014

Check in Area

Bagi anda yang belum pernah naik pesawat dan baru pertama kali, jangan khawatir, karena kami akan membagikan pengetahuan seputar administrasi dan tata caranya.

1. Di beberapa bandara, seperti bandara Soekarno HATTA, Cengkareng, bandara dibagi menjadi beberapa terminal. Sebelumnya anda harus mengetahui maskapai yang anda naiki ada di terminal berapa.
2. Datanglah ke bandara selambatnya satu jam sebelum jadwal keberangkatan untuk mengindari antrian saat masuk chek-in di bandara. Lebih baik anda menunggu di ruang tunggu keberangkatan.
3. Siapkan tiket pesawat anda. Di jaman sekarang ini rata-rata pembelian tiket bisa dilakukan secara online, dan e_tiket akan dikirim ke email anda. Sebaiknya tiket ini diprint (dicetak) Atau jika dengan kode booking saja, anda bisa repirint tiket di counter tiket di bandara., namun jika membeli di agent langsung biasanya anda sudah mendapatkan tiket cetaknya.
4. Jika sudah masuk, anda akan dihadang pemeriksaan barang
4. jika sudah, menuju chek-in di loket yang telah disediakan dan siapkan KTP serta tiket yang telah di print. Setalah anda memberikan print out tiket dan KTP ke petugas chek-in, anda akan mendapatkan selembar kertas boording pass (tiket untuk masuk ke dalam pesawat). Jangan lupa perhatikan nomor kursi dan gate (gerbang) keberangkatan yang tertera di boording pass tersebut.
5. Apabila menggunakan bagasi, letakkan tas anda di timbangan yang berada disebelah petugas, kemudian tas anda akan dilabeli dan anda akan mendapatkan bukti nomor tas yang masuk kedalam bagasi. Jangan hilangkan bukti ini karena nanti dipergunakan untuk mengambil tas.




Ruang Tunggu ( Boarding room) dan Pemeriksaan Barang
6. Bayar airport tax, dibeberapa bandara, airport tax dibayarkan langsung di counter chek-in tapi ada pula yang di loket yang berbeda. Maskapai citilink sudah include airportax jadi anda tidak perlu membayar lagi, selain maskapai itu anda harus membayarnya di bandara. Besarnya biasa airportax berbeda-beda untuk setiap bandara.
7. Jika sudah, anda akan masuk ke ruang tunggu ( boarding room) biasanya dipisahkan berdasarkan gate, sekali lagi anda harus melewati pemeriksaan barang.
8. setalah itu duduklah sesuai gate yang telah ditentukan, anda dapat melihat nomer gate yang tertera di boarding pass.
9. Dengarkan pengumuman mengenai status pesawat.
Jika sudah waktunya naik peasawat , matikan telfon gengam anda. Segeralah antri di depan pintu boarding, siapkan KTP dan boarding pass.
10. cek kembali nomer kursi, masuklah ke dalam pesawat. Jika kursi berada di urutan awal maka masuklah dari pintu depan, jila nomer tengah sampai akhir , naik dari pintu belakang

.

0 komentar:

Posting Komentar