Senin, 07 Juli 2014



Pantai Sundak terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini berada di jajaran pantai selatan yang berderet dengan Pantai Kukup, Krakal, Drini, Sepanjang dan Pantai Baron. Untuk mencapai Pantai Sundak, anda harus menempuh waktu sekitar 2 jam dari pusat kota Yogyakarta.

Setelah anda tiba di Pantai ini dari parkiran menuju bibir pantai berjarak sekitar 40-50 km. Pantai Gunungkidul terkenal dengan pasir putihnya. Ombak di Pantai Sundak ini cukup besar sehingga dilarang untuk berenang di Pantai ini karena Pantai Sundak berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Air lautnya sangat bening sehingga bisa terlihat batu-batu karang di sepanjang bibir pantai dapat terlihat dengan jelas.  Disisi kiri kana tredapat batu karang berukuran cukup besar. Asal mula kata Sundak ini berasal dari nama “asu” (ajing dalam bahasa jawa dan”landak”, yang konon cerita ada sebuah pertarungan hebat antara asu (anjing) dan landak yang pergelutannya itu sampai meninggalkan jejak sebuah gua dengan sumber air tawar di dalamnya. Hingga saat ini gua tersebut masih bisa anda kunjungi. Gua ini terbentuk dari batu karang dengan ketinggian kurang lebih 12 meter. Di dalam gua dapat ditemui sumber air tawar. Air dalam gua dimanfaatkan untuk keperluan hidup penduduk. Dari dalam gua, kini dipasang pipa untuk menghubungkan dengan penduduk. Temuan mata air ini mengobati kekecewaan penduduk karena sumur yang dibangun sebelumnya tergenang air laut.


Untuk fasilitas terdapat resort dan sirkuit mini ‘off road’, tempat parkir yang cukup luas, gardu pandang, bilik rumah makan, panggung hiburan, dan terdapat juga tempat ibadah. Terdapat banyak kedai makan bagi wisatawan yang berjajar ditepi pantai menawarkan masakan laut nelayan setempat pada pengunjung. Selain menawarkan saksi bisu sejarahnya, sundak juga menawarkan suasna malam yang menyenangkan. Pengujung bisa menikmati angin malam dan bulan sambil memesan ikan mentah untuk dibakar beramai-ramai bersama teman atau kerabat keluarga.

Suasana Sunset di Pantai Sundak
Dengan memebayar beberapa ribu, pengunjung dapat memebeli kayu untuk bahan bakar. Jika anda merasa kerepotan, anda dapat memesan ikan matang sehingga siap untuk disantap. Tak sedikit orang yang mendirikan tenda yang sebagian besar banyak para pelajar atau mahasiswa yang singgah untuk berlibur ke wisata pantai Sundak ini.
   

0 komentar:

Posting Komentar