Rabu, 31 Juli 2013



Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta menambah 123 jadwal penerbangan tambahan selama 1 hingga 18 Agustus mendatang dalam rangka menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2013.

General Manager PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adisutjipto Agus Adrianto, penambahan jadwal penerbangan tersebut karena ada pengajuan extra fligt lima Maskapai Penerbangan yakni Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Express Air dan Merpati Air.

Agus mengatakan, diprediksi pada masa angkutan Lebaran besok, jumlah penumpang yang datang dan berangkat dari Adisutjipto naik 13 persen dari sebelumnya.

"Prediksinya jumlah penumpang bisa mencapai 11 ribu per hari. Tahun lalu jumlahnya 9.400 penumpang," jelas Agus usai acara buka bersama PT Angkasa Pura di New Saphir Hotel, Senin (29/7/2013) malam. Menurutnya, selama masa angkutan Lebaran, operasional Bandara Adisutjipto juga ditambah. Bandara beroperasi hingga pukul 23.00 WIB dari semula 21.00 WIB.

Agus mengatakan, penambahan jadwal penerbangan dimungkinkan masih bisa bertambah. Pengajuan flight tambahan dikatakannya bisa dilakukan sejauh kapasitas parkir dan ruang udara memungkinkan. "Kalau masih mungkin kita optimalkan untuk memfasilitasi pengguna transportasi udara saat libur Lebaran besok kita juga sudah koordinasi dengan TNI AU dan sudah ada izin," paparnya.

Menghadapi membludaknya jumlah penumpang saat masa angkutan Lebaran, Angkasa Pura I juga mempersiapkan berbagai langkah antisipasi diantaranya soal pengaturan lalu lintas kendaraan masuk ke bandara. "Kami siapkan di flow penumpang termasuk kendaraan karena biasanya pengantar lebih banyak daripada penumpangnya, supaya lebih nyaman," papar Agus.

0 komentar:

Posting Komentar