Rabu, 04 Juni 2014


Pantai Wediombo? Apa yang pertama kali terbesit dalam benak anda? Wedi=pasir, ombo=lebar jadi Wediombo yaitu  pasir yang lebar? Tapi tidak berlaku jika kita melihat langsung di Pantai ini. Hamparan pasir nya tidak terlalu karena diapit oleh bukit  karang. Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar 40 Km arah Tenggara kota Wonosari.
Tangga Menuju Pantai

Setelah anda sampai di Pantai Wediombo, anda harus menuruni anak tangga terlebih dahulu sebulum bisa menikmati panorama Pantai ini. Karena Letak pantai ini jauh lebih ke bawah dibanding daratan sekitarnya. Sambil berjalan menyusuri anak tangga,anda dapat melihat ladang nan hijau milik penduduk, rumah-rumah penduduk yang dapat menyegarkan pikiran dan mata anda. Keindahan Pantai ini bertambah dengan adanya batuan coral dan karang nan eksotis. Sejauh mata memandang, terdapat tanjung yang menjorok ke laut, menjadikan mata tak mau beralih pandang. Alangkah asyiknya jika menikmati suasana Pantai dengan bersantai duduk-duduk dibawah rindang pepohonan di pinggir Pantai. Teduhnya membuat ingin berlama-lama di Pantai ini. Di Pantai Wediombo ini tidak ada kapal-kapal Nelayan sepeti di Pantai-pantai Gunungkidul lainnya. Hanya saja banyak sekali penduduk yang memancing di Pantai ini. Karena disini menawarkan pengalaman dengan sensi berbeda, yaitu memancing  di atas ketinggian bukit karang. Selain itu, jika pas anda beruntung saat berkunjung disana terdapat kegiatan adat budaya yang dilaksanakan oleh masyarakat setempat setiap tahun adalah budaya "Ngalangi" yaitu upacara prosesi menangkap ikan dengan cara menggunakan gawar terbuat dari akar pohon wawar yang menjalar sebagai jaring yang dipancangkan dari bukit Kedungwok dan dihalau bersama-sama ke laut. Ke arah timur sekitar 1,5 km terdapat Pantai Gremeng, Pantai Jungwok, dan Pulau Kalong. Upacara ini bertujuan untuk mengucap rasa syukur atas anugrah yang diberikan dan memohon  kelancaran rizki untuk mendatang.

Memancing di Atas Karang dan Budaya "Ngalangi"
Untuk faslitas, di Pantai Wediombo ini sudah cukup lengkap mulai dari tempat parkir yang luas, kamar mandi, warung-warung makan yang menjajakan bermacam variasi masakan. Apakah anda tahu bahwa sebenarnya Pantai Wediombo itu menghadap ke barat, dan bukan ke selatan seperti pantai-pantai di Yogyakarta lainnya. Sehingga kita bisa menikmati sunset yang begitu menawan.

Selamat berlibur....

0 komentar:

Posting Komentar